Sunday 21 August 2011

Dewasa

Apa itu dewasa? Dewasa dalam KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA adalah: (1) sampai umur;akil balig (bukan kanak-kanak atau remaja lagi), (2) telah mencapai kematangan kelamin, (3) matang (pikiran, pandangan).

Bagaimana dengan umur? Apakah umur dapat menentukan tingkat kedewasaan seseorang? Banyak orang yang lebih tua terkadang masih suka bersikap childish, seperti menurut KBBI dewasa itu matang (pikiran dan pandangan), jadi bahkan remaja juga bisa dibilang dewasa. Orang yang selalu menyelesaikan masalahnya dengan bijak, mengakui kesalahan yang diperbuatnya, tidak bersikap egois, tahu mana yang benar dan salah biasanya disebut orang yang dewasa, tidak seperti anak kecil yang hanya melakukan apa yang ingin dilakukan, hanya mendengar apa yang ingin didengar, hanya melihat apa yang ingin dilihat.

Pentingkah menjadi dewasa? Salah! mungkin pertanyaan yang benar itu, haruskah menjadi dewasa? Gue pribadi tidak benar-benar ingin menjadi dewasa, terlalu cemen untuk menjadi dewasa. Menjadi dewasa tidak seindah yang dibayangkan, gue tidak ingin orang yang gue sayangi pergi meninggalkan gue sendiri, gue belum siap berkorban untuk oranglain, gue tidak ingin bergulat dengan diri gue sendiri, mengakui jika perbuatan gue salah, bahwa semua yang terjadi pada diri gue adalah kesalahan gue, gue tidak ingin menangis sendiri ditengah malam dan berpura-pura gue baik-baik saja dipagi harinya, gue terlalu takut untuk memikirkan akan menjadi apa gue jika gue melakukan hal ini dan akan jadi apa jika gue melakukan hal itu, gue tidak bisa berteriak dalam hati karena itu hanya akan membuat batin gue semakin tersiksa.

Gue hanya tidak ingin memikirkan semua itu. Gue hanya ingin tetap menjadi anak kecil, yang selalu melakukan apa yang ingin gue lakukan tanpa memikirkan apa yang terjadi esok hari, hidup dalam dunia gue sendiri, menjadi apapun yang gue suka tidak peduli dengan orang lain. Hal itu lebih mudah dan jauh lebih indah untuk dibayangkan daripada membayangkan bagaimana menjadi dewasa.

0 comments:

Post a Comment