Sunday 2 October 2011

TransMilenio BusWaynya Bogota



pernah ada yang dengerkan ya TransJakarta BusWay itu ngikutin *apa ya bahasanya kayanya "ngikutin" nggak enak banget, huahahaha, maklumlah* Transmilenio Bogota, Coloumbia. gue pada dasarnya tidak tahu apa itu TransMilenio, sedikit menjadi penasaran saat orang-orang membahasnya karena Transjakarta BusWay yang kita kenal diadaptasi dari sana, Bogota. gue menulis ini bukan untuk membedakan TransJakarta gue tercinta dengan TransMilenionya Sergio yaaa, hhhahaha *Sergio, teman FaceBook gue yang tinggal di Bogota*. karena penasaran gue bertanya dengan Sergio tentang TransMilenio untungnya dia juga lumayan sering naek TransMilenio, walaupun akan lebih jelas jika gue tanya ke mbah google, yang memang ujung-ujungnya gue nyari di google :)) ada yang bilang TransJakarta gagal "menjiplak" TransMilenio, seriusan? gue jadi penasaran sebagus apa TransMilenio itu, waktu gue searching siih, wuiiiiih busnya warna merah, kenapa TraJa nggak warna merah juga pasti bagus, hhehehe.
bagus yaaah, gandeng tiga lagi (-__-")
jadi pembicaraan gue dengan mas Sergio itu dimulai dengan pertanyaan bodoh gue "Sergio, do you know Transmilenio?" hhuuuahahaha, gue lupa menambahkan "well" kedalam pertanyaan gue, yaaah begitulah. jadi gue mulai menceritakan tentang TraJa, dan memaksanya untuk mencari TransJakarta BusWay di Google, hhehehe. jadi gue cerita ke Sergio bagaimana penuhnya TraJa saat Peak Hour, Sergio bilang tidak jauh beda, TransMilenio juga penuh katanya, bener aja, gue punya gambarnya *tapi dapet dari google, pokoknya semua gambar yang akan gue tampilin disini gue ambil dari google*




sadis yaak? Nggak kalah kan sama Jakarta?
yoiii, gue cerita sama Sergio betapa brutalnya orang-orang saat ada bus yang datang, doi mah ketawa aja. disana juga ada kecelakaan TransMilenio katanya, pas gue cari emang beneran ada ternyata



bah ini mah TraJa bukannya?

yaaah, klo katanya Sergio kecelakaan itu manusiawi, namanya juga yang nyetir manusia. yaah, intinya TransMilenio sama TransJakarta sama-sama penuh klo lagi jam sibuk, sama-sama pernah mengalami kecelakaan. intinya sama-sama aja siih. hhahha

eh ada yang udah liat shelternya belum? shelternya sih, sama aja, kaya yang tadi gue bilang semuanya sama aja cuman klo halte TransJakarta versi mininya kali yaah,

gede kan, adalagi tuh gambar yang lebih bagus tapi nggak ke download

ada tempat penitipan sepedahnya juga lagi...
ini nih klo di Jakarta ada tempat penitipan sepedah kaya gini dan nggak repot-repot, gue naek busway bawa sepedah, kga usah lagi ngarepin feeder busway. uhm, gue baca di artikel katanya TransMilenio ini juga pemerintahnya bener-bener niat, pemukiman kumuh yang ada dipinggiran jalan di Bogota di gusur, orang yang tidak punya identitas dipulangkan sisanya dibikinin Rumah Susun, buat pelebaran jalan sama bangun jalur buat BusWay dan katanya Sergio, TransMilenio ini bener-bener berhasil mengurangi kemacetan di sana, itu namanya kekuatan niat, lah disini? gue cinta sama TransJakarta, jujur. tapi jika ditanya yaaaah sebenernya BusWay memang tidak mengurangi kemacetan di Jakarta sih, mungkin karena kesadaran masyarakat kurang, atau memang kasadaran mah ada tapi memang sarananya yang memang kurang mendukung. tapi gue yakin Jakarta pasti bisa berubah, menjelma menjadi lebih baik dan berhasil seperti TransMilenio, jika pemerintah benar-benar niat, fokusin pada satu hal, juga diperlukan dukungan dari masyarakat.

0 comments:

Post a Comment